Profil Anggota
 
PDAM Tirta Albantani
Kabupaten Serang
 
 
 
 
Sejak berdirinya PDAM Kabupaten Serang diawali dari Seksi Air Minum pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Serang yang merupakan embrio PDAM, dengan jumlah pelanggan pada waktu itu hanya 242 sambungan rumah yang menggunakan sumber air baku dari sumur dalam. Selanjutnya dengan dana APBN yang disalurkan melalui Proyek Air Bersih (PAB) Jawa Barat, pada tahun 1977-1978 dilaksanakan pengembangan dan peningkatan sarana air bersih yang diprioritaskan untuk melayani kebutuhan air minum masyarakat kota Serang dengan sumber air dari mata air Citaman dan Sukacai di kecamatan Baros dengan kapasitas 140 liter/detik. Tahun 1977 inpun ditetapkan pula berdirinya PDAM Kabupaten Serang berdasarkan Peraturan daerah Kabupaten Serang Nomor 1 tahun 1977. Secara bertahap melalui dana APBN dibangun sarana pengolahan dan distribusi air bersih secara individu di kecamatan-kecamatan dengan sistem UPAM IKK dengan kapasitas bervariasi.
   
Sistem air minum PDAM Tirta Albantani Kabupaten Serang baik sistem individu maupun sistem terintegrasi seluruhnya terdiri dari 2 cabang dan 18 UPAM IKK dengan total kapasitas terpasang 469,5 liter/detik. Adapun sumber air yang digunakan bervariasi dari mata air, irigasi, sumur dalam dan sumber dari mitra kerja (PT. Sauh Bahtera Samudera, PT. Sarana Tirta Rejeki dan PT. Krakatau Tirta Industri).
   
DIREKSI
- Direktur Utama : Achmad Rifai, SE
- GM Pengembangan Usaha : -
- GM Teknik : Drs. Muhammad Nasir
   
DATA TEKNIS
- Sumber air baku : Sungai, Mata air, irigasi, Mitra
- Kapasitas Produksi : 393,5 liter/detik
- Jumlah Pelanggan : 23.678 SL
- Cakupan Pelayanan : 11,3%
- Kehilangan air : 31,5%
- Jumlah Pegawai : 208 orang
   
UPAYA PENINGKATAN KINERJA
Meningkatkan kesejahteraan pegawai melalui kebijakan antara lain menaikan gaji pokok, tunjangan dan penyesuaian PHDP sesuai struktur gaji terbaru
Meningkatkan efisiensi penagihan dengan melakukan kerjasama dengan koperasi, kolektor dan PT. Pos & Giro sehingga efisiensi penagihan menjadi naik dari 65% di tahun 2007 menjadi 86% di tahun 2009
Menurunkan tingkat kehilangan air (ATR) dari 31,5% ditahun 2007 menjadi 25% di tahun 2009. Kegiatan yang dilakukan adalah mengganti water meter rusak, pengalihan dari sistem FR menjadi Water Meter, Penanganan kebocoran pipa transmisi, distribusi dan pipa dinas serta optimalisasi penggunaan air terproduksi.
Penerapan teknologi informasi seperti komputerisasi cetak bayar di setiap UPAM secara online
Upaya keras PDAM Tirta Albantani Kabupaten Serang dalam mewujudkan PDAM yang sehat dan maju tercapai dengan diraihnya PERPAMSI AWARD pada MAPAM XI Perpamsi yang diserahkan secara langsung oleh Perpamsi kepada Bupati Serang pada bulan Desember 2009 di Kota Batam.
 
 
Alamat Kantor Pusat : Jl. KH. Khotib, Kel. Kedalingan, Cipare - Serang. Telp. 0254 201443 Fax. 0254 203336

 

   
         
  Sekretariat : Jl. Kisamaun No. 204 Tangerang 15118 Banten - Indonesia. Telp./Fax. 62 21 55794821