RAGAM INFORMASI
 
     
 
Laporan Kegiatan  
     
 
Tarif Dasar Air  
     
 
Twinning Programme  
     
 
Training & Seminar  
     
 
Ilmu & Teknologi  
     
 
Hubungi Kami  
     
 
  Kabupaten Serang  
       
 
Kabupaten Serang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Banten. Ibukotanya adalah Baros. Kabupaten ini berada di ujung barat laut Pulau Jawa, berbatasan dengan Laut Jawa, Kota Serang di utara, Kabupaten Tangerang di timur, Kabupaten Lebak di selatan, serta Kota Cilegon di barat. Sebagian besar wilayah Kabupaten Serang berupa dataran rendah, kecuali di perbatasan dengan Kabupaten Pandeglang terdapat rangkaian pegunungan, dengan puncaknya Gunung Karang (1.778 m).
 
       
 
Kabupaten Serang terdiri atas 26 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Baros, yang terletak 20 km dari pantai Teluk Banten. Pada tanggal 17-07-2007 Kabupaten Serang dimekarkan menjadi Kota Serang dan Kabupaten Serang. Kecamatan yang tercakup dalam Kota Serang adalah Kecamatan Kota Serang, Kecamatan Cipocok Jaya, Kecamatan Walantaka, Kecamatan Kasemen, Kecamatan Taktakan, dan Kecamatan Curug
 
       
 
Serang dilintasi jalan Negara lintas Jakarta-Merak, serta dilintasi pula jalur kereta api lintas Jakarta-Merak. Posisi kabupaten ini sangat strategis, karena berada di jalur utama penghubung lintas Jawa-Sumatera. Pelabuhan Merak merupakan titik penyeberangan antara pulau Jawa dan Sumatera.
 
       
  Penduduk  
 
Jumlah penduduk Kabupaten Serang termasuk Kota Serang 1.786.000 (2003), sebagian besar tinggal di bagian utara. Bahasa yang dituturkan adalah Bahasa Sunda yang digunakan oleh masyarakat di daerah selatan, serta Bahasa Jawa Dialek Banten, atau dikenal dengan Bahasa Jawa Serang yang kebanyakan digunakan di daerah pantai utara.
 
       
  Pemerintahan     
  Bupati : Drs. H. A. Taufik Nuriman, MM, MBA  
  Wakil Bupati : H. Andy Sujadi, SE, MM  
       
 
Pelayanan Air Minum    
Tingkat pelayanan air minum di Kabupaten Serang sekitar 6% yang dilayani oleh PDAM Kabupaten Serang dan 3 pihak swasta yaitu PT. Krakatau Tirta Industri, PT. Sarana Tirta Rejeki dan PT. Sauh Bahtera Samudera dengan jumlah pelanggan 24.000 SL.
     
 
       

 

 
     
WILAYAH
 
   
Kabupaten Tangerang  
   
Kota Tangerang  
   
Kabupaten Serang  
   
Kabupaten Pandeglang  
   
Kabupaten Lebak  
   
Kota Cilegon  
   
Kota Serang  
     
     
   
     
 
.