RAGAM INFORMASI
 
     
 
Laporan Kegiatan  
     
 
Tarif Dasar Air  
     
 
Twinning Programme  
     
 
Training & Seminar  
     
 
Ilmu & Teknologi  
     
 
Hubungi Kami  
     
 
  Kabupaten Lebak  
       
 
Kabupaten Lebak adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Banten dengan ibukotanya adalah Rangkasbitung. Dengan luas wilayah 3.120 Km2 dan jumlah penduduk hampir 1 juta jiwa, Kabupaten Lebak berbatasan dengan Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Serang disebelah utara, Kabupaten Pandeglang disebelah barat, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor (Jawa Barat) disebelah timur. Daerahnya terdiri atas dataran rendah, tinggi dan pesisir pantai (laut) yaitu Samudera Hindia.
 
       
 
Daerah yang berpenduduk 1.047 juta jiwa lebih ini, disebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Serang dan Tangerang, sebelah barat dengan Kabupaten Pandeglang, sebelah timur dengan Kabupaten Bogor dan Sukabumi dan sebelah selatan dengan Samudra Indonesia. Kondisi topografis Kabupaten Lebak, ketinggian 0 - 200 meter dpl diwilayah sepanjang pantai selatan, ketinggian 201 - 500 meter di wilayah Lebak tengah, ketinggian 500 - 1000 meter lebih di wilayah Lebak Timur dengan puncaknya Gunung Sanggabuana dan Gunung Halimun
 
       
 
Kabupaten Lebak memiliki sumber daya alam yang potensial. Daerah ini memiliki sejumlah bahan tambang emas, batubara, zeolit, domomolit, pasir hitam, pasir kuarsa dan bahan tambang lainnya. Lebak juga memiliki potensi sektor perkebunan dengan komiditi kelapa sawit terluas di Pulau Jawa, Karet, Kakao dan Komoditi Pertanian. Selain itu, daerah inipun memiliki potensi perikanan laut dengan panjang pantai 75 km dari Muara Binuangeun - Cibareno, daerah yang berbatasan dengan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
 
       
 
Provinsi Banten memiliki masyarakat tradisional yang masih memegang teguh adat-tradisi yaitu Suku Badui. Mereka di Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak. Perkampungan masyarakat Badui pada umumnya terletak pada daerah aliran sungai Ciujung di Pegunungan Kendeng, Banten Selatan. Letaknya sekitar 172 km sebelah barat ibukota Jakarta; sekitar 65 km sebelah selatan ibu kota Provinsi Banten.
 
       
 
Satu hal yang menarik dari Kabupaten Lebak ini adalah terdapatnya satu komunitas masyarakat asli Banten yaitu suku Baduy. Suku ini hidup terasing di daerah pegunungan dengan masih menerapkan kehidupan tradisional. Kehidupannya merupakan salah satu obyek wisata yang menarik banyak wisatawan untuk sekedar mengetahui dan menikmati pola kehidupan suku yang terdiri atas Baduy Luar dan Baduy Dalam.
 
       
 
Kehidupan perekonomian masyarakat di Kabupaten Lebak adalah dari hasil pertanian dan perikanan. Luasnya daerah pertanian di wilayah Lebak mampu menjadi penopang tersedianya pangan baik padi, palawija dan lain-lain. Sebagian penduduknya banyak yang berdagang bahan pangan atau bekerja di ibukota. Hal ini dikarenakan tersedianya sarana transportasi darat berupa kereta api yang mempunyai jalur dari Merak ke Jakarta.
 
       
  Pemerintahan   
 
Saat ini Kabupaten Lebak mempunyai 23 Kecamatan yang terbagi atas sejumlah desa dan kelurahan.
 
  Bupati : H. Mulyadi Jayabaya  
  Wakil Bupati : -  
       
 
Pelayanan Air Minum    
Tingkat pelayanan air minum di Kota Tangerang sekitar 5% yang dilayani oleh PDAM Kabupaten Lebak dengan jumlah pelanggan 12.828 SL dan total produksi 220 L/D.
 
     
 
       

 

 
     
WILAYAH
 
   
Kabupaten Tangerang  
   
Kota Tangerang  
   
Kabupaten Serang  
   
Kabupaten Pandeglang  
   
Kabupaten Lebak  
   
Kota Cilegon  
   
Kota Serang  
     
     
   
     
 
.
` `